Mengenal Apa Itu Cloud Hosting?

Apa Itu Cloud Hosting?

Cloud hosting semakin populer dalam beberapa tahun terakhir.  Jika Anda telah menjelajahi opsi hosting Anda untuk setiap saat, maka Anda pasti pernah menemukan cloud hosting sebelumnya, dan mungkin memiliki banyak pertanyaan.  Cloud adalah konsep yang telah digunakan di banyak bidang teknologi, dan sekarang telah diterapkan ke arena hosting juga.

Di bawah ini kami menjelajahi apa itu cloud hosting dan bagaimana cara kerjanya, dan mengapa Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menggunakan cloud hosting untuk meng-host situs web Anda sendiri.

Memahami Cloud

Dalam hal cloud, tidak ada hal fisik yang dapat Anda tunjuk dan beri label sebagai cloud.  Sama seperti cloud hosting, tidak ada satu pun server fisik yang dapat Anda tunjuk dan berkata, “itu adalah cloud host”.

Alih-alih, ini adalah cara menyimpan data di banyak komputer dan mengakses data itu melalui koneksi jaringan seperti Internet. Secara keseluruhan, cloud berperilaku seperti satu komputer fisik, dengan daya pemrosesan dan ruang penyimpanan yang tak ada habisnya.

Layanan umum berbasis cloud yang menggunakan proses serupa adalah penyedia penyimpanan cloud seperti Dropbox dan Google Docs.  Ide yang mendasari penskalaan sumber daya, penyimpanan, dan akses tetap sama ketika diperluas ke cloud hosting juga.

Apa Itu Cloud Hosting?

Cloud hosting lebih merupakan cara Anda mengonfigurasi server, bukan hal yang nyata, tetapi dengan itu disebut hosting “cloud”, itulah yang mungkin Anda harapkan.

Dalam konfigurasi server biasa, Anda dibatasi pada batasan fisik server tempat situs Anda dihosting. Dengan cloud hosting, Anda mengandalkan konfigurasi server unik yang memungkinkan Anda menarik dari beberapa server berbeda, yang menghasilkan solusi hosting terjangkau yang juga dapat diskalakan dan sangat andal.

Baca Juga : Apa itu Shared Hosting?

Definisi cloud hosting yang paling sederhana adalah jaringan server virtual yang memanfaatkan jaringan yang mendasari server fisik.  Sejauh mana Anda memanfaatkan jaringan ini tergantung pada kebutuhan aktual situs web dan dapat ditingkatkan atau diturunkan sesuai dengan itu.

Pada tingkat teknis, sumber daya yang diperlukan agar situs web Anda berfungsi tersebar di beberapa server jarak jauh dan sumber daya ini disadap sesuai kebutuhan.  Karena situs web Anda tidak bergantung pada satu server, melainkan jaringan server, jaringan server ini disebut sebagai awan.

Bagaimana Cloud Hosting Bekerja

Cara termudah untuk memecah cloud hosting adalah membandingkannya dengan model server tunggal.  Dengan hosting tradisional, Anda memiliki satu server yang berisi semua file situs web Anda.  Ketika pengguna mengunjungi situs web Anda, file-file ini kemudian disajikan dari server fisik tunggal itu.

Bandingkan ini dengan penyiapan cloud hosting di mana sumber daya situs Anda dapat diambil dari berbagai lingkungan server virtual yang berbeda.

Inti dari pengaturan cloud hosting adalah jaringan server fisik, dengan server virtual yang berjalan di atasnya.  Dengan penyiapan ini, Anda dapat memanfaatkan sumber daya server yang hampir tak terbatas dan menskalakan situs Anda seiring dengan berkembangnya kebutuhan Anda

Keunggulan Cloud Hosting

Harga Fleksibel

Di sebagian besar gaya hosting lainnya, Anda membayar tarif bulanan terlepas dari apakah Anda tidak menggunakan semua sumber daya server. Dengan cloud hosting, Anda hanya membayar apa yang Anda gunakan.

Jadi, jika Anda mengharapkan sebuah pos menjadi viral, atau situs Anda menerima lalu lintas dalam jumlah besar yang tidak biasa, Anda tidak perlu meningkatkan sepenuhnya paket Anda. Yang harus Anda lakukan adalah meningkatkan sumber daya Anda selama lonjakan lalu lintas dan turun begitu tingkat lalu lintas kembali normal. Daripada harus membayar biaya hosting yang tinggi secara keseluruhan, harga Anda sesuai dengan jumlah total sumber daya server yang Anda gunakan.

Sangat Mudah untuk Mengukur Sumber Daya Server

Dengan cloud hosting yang menskalakan sumber daya server Anda sangat mudah. Untuk sebagian besar server awan, Anda akan memiliki akses ke dasbor pengelolaan situs yang intuitif yang memungkinkan Anda melihat kinerja situs Anda dalam waktu nyata. Anda dapat meningkatkan atau menurunkan sumber daya server di tempat tanpa harus menunggu persetujuan dari penyedia hosting Anda.

Lingkungan Server Redundan (Down)

Dengan sebagian besar jenis hosting, situs Anda berada di satu server. Jika sesuatu terjadi pada server itu, situs Anda akan offline dan Anda tidak akan bisa online lagi sampai server tersebut diperbaiki. Saat hosting Anda Redundan (Down), cadangan situs akan mengambil alih situs Anda yang ada dalam beberapa detik. Namun, tidak semua redundansi dibuat sama. Dengan cloud hosting, Anda akan memiliki versi langsung dari situs Anda yang dapat langsung dimuat oleh host Anda.

Uptime

Jika Anda menggunakan jenis hosting tradisional apa pun, waktu operasional situs Anda bergantung pada lingkungan server fisik. Jika offline, begitu pula situs Anda. Kecuali Anda menggunakan CDN, yang dapat membantu mengurangi waktu henti situs Anda secara keseluruhan.

Baca Juga : Tips Memilih Web Hosting Terbaik

Cloud hosting memiliki uptime tinggi yang dibangun di dalam strukturnya. Karena situs Anda akan secara virtual menggunakan sumber daya dari beberapa server, Anda dapat dengan mudah dipindahkan ke server lain jika ada yang offline atau mengalami masalah teknis. Selain itu, dengan kemampuan Anda untuk menskalakan sumber daya server sesuai permintaan, situs Anda tidak akan offline karena lonjakan lalu lintas yang tidak terduga.

Proses Penyiapan Server Cepat

Anda dapat menggunakan server cloud hosting dalam waktu singkat. Kecuali Anda mendaftar untuk paket hosting bersama pemula, mungkin perlu waktu beberapa saat untuk menerapkan server web Anda. Ini bisa merepotkan jika Anda ingin situs Anda online dengan cepat, atau Anda sedang melakukan migrasi host dan Anda terjebak menunggu server siap.

Keamanan Dari Masalah Hardware Server

Dengan cloud hosting, situs Anda diisolasi dari masalah server fisik apa pun termasuk peretasan, kegagalan perangkat keras, atau kelebihan sistem. Ketika server fisik dikompromikan atau mengalami masalah, Anda dapat dengan mudah memanfaatkan sumber daya fisik dari server lain – semuanya tanpa downtime.

Kecepatan dan Performa Website Lebih Cepat

Sebagian besar server cloud dapat menawarkan kecepatan yang sangat tinggi. Selain dapat dengan mudah meningkatkan kapasitas situs Anda, cloud hosting juga memungkinkan penyeimbangan beban yang lebih mudah antara beberapa lingkungan server, yang dapat membantu mengurangi beban pada sumber daya server tunggal. Tentu saja, fondasi perangkat keras server juga akan memengaruhi kecepatan situs Anda, jadi carilah host cloud yang memiliki beberapa lapisan cache, perangkat keras server premium, dan server dengan kepadatan rendah.

Berfungsi Sangat Baik untuk Situs Dengan Lalu Lintas Terukur
Jika tingkat lalu lintas Anda naik dan turun, akan sulit menemukan host yang akan memberi Anda nilai terbaik untuk uang Anda. Dengan cloud hosting, Anda memiliki kemampuan untuk dengan mudah menaikkan dan menurunkan sumber daya server sesuai kebutuhan. Sangat sulit untuk menemukan tingkat skalabilitas ini dengan gaya hosting lainnya.

Dasbor Manajemen Server Sederhana

Di masa lalu, server cloud agak sulit dikelola dan diperlukan keahlian teknis untuk mengelola dan menskalakan server Anda secara efektif. Namun, dengan cloud hosting saat ini, Anda dapat dengan mudah melacak hosting dan menskalakannya sesuai permintaan melalui dasbor yang intuitif. Anda tidak perlu memiliki latar belakang teknis hanya untuk menjalankan server cloud Anda.

Kurangi Dampak Lingkungan Anda Secara Keseluruhan

Jika Anda adalah perusahaan atau individu yang peduli dengan dampak lingkungannya, tetapi membutuhkan solusi hosting yang lebih dari sekadar hosting bersama tradisional, maka cloud hosting bisa menjadi yang Anda cari. Dengan cloud hosting, Anda menggunakan lebih sedikit pusat data secara keseluruhan dan hanya menggunakan sumber daya server yang sebenarnya Anda butuhkan saat ini. Dengan menyederhanakan penggunaan sumber daya dan data, Anda mengurangi dampak lingkungan. Semoga Anda sekarang memiliki pemahaman yang lebih baik tentang hosting server cloud, teknologi di baliknya, dan bagaimana hal itu dapat bermanfaat bagi situs web Anda sendiri. Mulai situs web Anda dengan hosting cloud terbaik!