Mengenal Apa Itu Shared Hosting, Kelebihan dan Kekurangannya.

Apa Itu Shared Hosting

Ketika saatnya tiba untuk memilih tempat yang cocok untuk menghosting situs web Anda, Anda akan memiliki banyak sekali opsi yang bisa digunakan. Selain memutuskan perusahaan mana yang akan Anda gunakan, Anda juga harus memutuskan jenis paket hosting yang paling cocok untuk website Anda.

Shared Hosting adalah salah satu opsi paket web hosting terpopuler saat ini bagi mereka yang membangun situs web pertama mereka (Pemula). Tapi, apa itu shared hosting, dan apakah ini cukup bagus untuk situs web Anda?

Pada artikel ini kita akan membahas tuntas tentang apa itu shared hosting, dan orang-orang seperti apa yang bisa mendapatkan beberapa keuntungan dari paket shared hosting tersebut.

Apa itu Shared Hosting?

Shared Hosting memungkinkan untuk menampung banyak client dan situs web aktif hanya dengan menggunakan satu server saja.  Disini yang pasti adalah, Anda tidak akan tahu dengan siapa atau dengan situs apa Anda berbagi sumber daya pada server. Setiap client pada umumnya memiliki batasan-batasan jumlah total sumber daya server yang dapat mereka gunakan, dan sudah di tentukan oleh penyedia shared hosting yang Anda gunakan.

Baca juga : Apa itu cloud hosting?

Shared Hosting merupakan pilihan termurah dan pilihan paling ekonomis untuk kebutuhan Anda sebagai pemula. Namun, harga murah hadir dengan banyak sekali batasan-batasan pada paketnya. Karena sebagian besar perusahaan web hosting akan menawarkan jumlah ruang dan penyimpanan yang sama, penting untuk Anda memilih perusahaan yang dapat Anda percaya.

Keuntungan Menggunakan Shared Hosting.

  1. Salah satu opsi paket hosting termurah, umumnya untuk paket web hosting ini akan berkisar dari 15.000($5) hingga 150.000($15). Sebagian besar perusahaan web hosting memiliki beberapa level pada paket hosting yang tersedia, sehingga Anda dapat meningkatkan paket hosting Anda seiring waktu.  Hal ini menjadikan shared hosting sebagai opsi yang bagus untuk seorang pemula.
  2. Shared hosting pada umumnya dilengkapi dengan control panel Direct Admin dan cPanel, hal ini akan memudahkan Anda dalam mengelola situs web.
  3. Tidak ada pemeliharaan teknis (maintance server) yang perlu dilakukan oleh Anda terhadap server, karena ini sudah pasti di ikut sertakan sebagai bagian dari paket hosting yang Anda beli.

Kesimpulan, shared hosting bisa menjadi pilihan terbaik untuk pemilik situs web dengan anggaran kecil, atau mereka yang baru saja memulai dala membangun situs web (pemula).  Anda juga dapat meningkatkan ke paket hosting lain seiring berjalannya waktu, sesuai dengan anggaran Anda, sehingga Anda tidak akan terjebak dengan level hosting ini selamanya.

Kekurangan Menggunakan Shared Hosting

Shared Hosting terdengar cukup bagus dengan harganya yang terjangkau, memiliki waktu operasional yang solid, dan mudah dikelola untuk pemula. Tapi, semua itu ada dengan beberapa kekurangan tertentu.

  1. Waktu load halaman bisa jauh lebih lambat dari pada server khusus.
  2. Server dapat menjadi terbebani oleh situs lain yang berbagi server.
  3. Saat situs Anda mulai menerima tingkat lalu lintas yang lebih tinggi, Anda akan mulai melihat bahwa situs Anda mungkin mulai berkinerja jauh lebih buruk.
    Anda tidak akan pernah tahu siapa tetangga Anda dalam 1 server tersebut. Meskipun kecil kemungkinan situs web lain di server menimbulkan risiko bagi situs Anda sendiri.
  4. Anda akan kekurangan dalam opsi penyesuaian tingkat kinerja tertinggi dari situs web Anda.
    Bagi kebanyakan orang yang baru mulai membangun website, keuntungan dari shared hosting akan jauh lebih besar daripada kerugiannya, terutama jika Anda mencoba untuk mengaktifkan dan menjalankan situs web secepat mungkin dan memiliki sedikit keterampilan teknis. Penting juga bagi Anda untuk memastikan bahwa penyedia web hosting lah yang bertanggung jawab akan memberi tahu Anda saat lalu lintas Anda mencapai tingkat yang sudah waktunya untuk ditingkatkan, dan akan memantau serta menutup situs web apa pun yang menimbulkan risiko bagi pengguna lain di dalam satu server (Suspend).

Alternatif untuk Shared Hosting

Tidak ada alternatif khusus untuk paket shared hosting. Akan ada peningkatan paket, tetapi tidak ada alternatif yang semurah shared hosting. Shared Hosting adalah pilihan tepat untuk pengguna situs web pemula yang situsnya tidak menerima banyak lalu lintas.

Baca Juga : Tips memilih web hosting terbaik untuk pemula dengan anggaran kecil.