Saat masa pandemi seperti ini proses mengajar dan belajar dilakukan secara online, seperti menggunakan Google Classrom, Zoom, Google Meet, dan lain sebagainya. Karena hal ini, saat ini banyak guru yang membuat video tutorial pembelajaran guna menjelaskan materi kepada para siswa. Hal ini nampaknya mempunyai dampak yang positif untuk siswa, karena materi pelajaran yang disampaikan melalui video lebih mudah untuk disimak dan dipelajari jika dibandingkan dengan belajar secara tatap muka yang cenderung membosankan.

Nah, agar video pembelajaran yang dibuat tidak membosankan, kamu bisa membuatnya dengan bantuan aplikasi gratis tanpa lisensi untuk membuat video tutorial pembelajaran.

Aplikasi Untuk Membuat Video Tutorial Pembelajaran

Nah, beberapa aplikasi yang akan kita bahas pada hari ini mempunyai banyak fitur yang cocok digunakan untuk membuat video tutorial atau video pembelajaran. Berikut penjelasan lengkapnya.

  1. PowerDirector

PowerDirector merupakan aplikasi Cyberlink Corp yang mempunyai fitur lengkap untuk membuat video tutorial maupun video pembelajaran. PowerDirector dilengkapi dengan berbagai fitur, seperti dapat mengekspor video hingga resolusi 4K, mengatur kecepatan video, menstabilkan video, membuat intro dengan animasi, filter suara, mengganti background, menggabungkan video, dan masih banyak efek serta filter yang dapat kamu gunakan.

Hasil video tutorial pembelajaran yang telah kamu buat dapat kamu unggah langsung ke Youtube dan Facebook melalui aplikasi ini.

  1. KineMaster

KineMaster merupakan aplikasi edit video yang populer di kalangan pengguna Android berkat berbagai fiturnya yang sangat lengkap. Tampilan yang dimiliki KineMaster juga simple dan sederhana, sehingga cocok untuk kamu yang masih belajar membuat video tutorial pembelajaran yang menarik.

KineMaster mempunyai banyak filter, efek, serta stiker yang bisa kamu gunakan untuk mempercantik hasil video editing yang kamu buat. Selain itu, KineMaster juga dilengkapi fitur untuk menyesuaikan warna, saturasi, memotong video, menambahkan audio, menggabungkan video, membuat intro, menggabungkan foto, menambahkan transisi, dan kamu juga bisa memilih 3 ukuran video, yaitu 1:1, 9:16, dan 16:9.

  1. FilmoraGo

Untuk kamu yang sedang mencari aplikasi gratis untuk mengedit atau membuat video tutorial pembelajaran, maka FilmoraGo layak untuk dicoba. FilmoraGo dapat digunakan di hp Android maupun iPhone dan dilengkapi dengan fitur-fitur editing yang mudah untuk dipahami. Aplikasi buatan FilmoraGo Studio ini dapat menghasilkan video berkualitas dan profesional dengan bantuan fitur yang ada.

Terdapat ribuan efek suara, ratusan stiker, dan filter yang dapat kamu gunakan. Kamu juga bisa menambahkan audio khusus ke dalam video, mengganti background, menambahkan teks, menambahkan foto, dan masih banyak lagi.

  1. VideoShow

Rekomendasi aplikasi edit video tutorial dan pembelajaran selanjutnya adalah VideoShow. VideoShow menawarkan berbagai fitur pengeditan yang sangat lengkap, mulai dari musik, stiker, filter, efek suara, dan lain sebagainya. Kamu bisa menghasilkan video hingga resolusi 4K. Untuk kamu yang masih pemula, VideoShow juga menyediakan berbagai tema unik yang bisa kamu gunakan untuk mengedit video.

  1. Quik

Aplikasi gratis untuk membuat video tutorial pembelajaran terakhir yang bisa kamu gunakan adalah Quik. Quik mendukung berbagai format audio dan video, mulai dari MP3, MP4, MP4A, AAC, AIFF, ALAC, MOVM, dan WAV. Salah satu kelebihan yang dimiliki aplikasi Quik ini adalah kamu dapat menambahkan hingga 75 foto dan secara otomatis akan tersusun menjadi sebuah video, kamu juga dapat mengatur filter, menambahkan emoji, menambahkan transisi, dan masih banyak lagi.

Itu dia rekomendasi aplikasi gratis tanpa lisensi untuk membuat video tutorial pembelajaran yang bisa kamu gunakan dengan mudah namun hasilnya tetap berkualitas.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published.